Cari Berita

Pengumuman

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

UNRIYO Menginisiasi Health Promoting University

UNRIYO Menginisiasi Health Promoting University

Sebuah kebanggaan sekaligus tantangan , Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) terpilih sebagai salah satu dari dua perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  dan yang menginisiasi Health Promoting University  di bawah pendampingan Universitas Gadjah Mada (UGM). Program ini secara nasional akan melibatkan 23 perguruan tinggi di berbagai wilayah  Indonesia. HPU merupakan sebuah upaya untuk mencipatkan lingkungan belajar , budaya organisasi  yang bertujuan meningkatan kesehatan dan kesejahteraan berkelanjutan bagi seluruh sivitas kampus serta mengoptimalkan potensi yang ada. HPU diinisiasi oleh ASEAN University Network (AUN) divisi promosi kesehatan. Salah satu tim perumus pengembangan HPU di universitas di ASEAN yang juga Ketua HPU UGM adalah Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, M Si, Ph D .

Tujuan HPU adalah untuk menguatkan sistem kesehatan nasional yang tangguh dan sinergi  berbagai pihak dalam hal ini adalah kalangan akademisi. UGM bekerja sama dengan Direktorat Promosi Kesehatan Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pengembangan dan Penguatan Health Promoting University di Indonesia Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Rangkaian proses kegiatan telah berlangsung sejak bulan September 2021 dengan diselenggarakannya berbagai kegiatan antara lain sosialisasi , capacity building, pendampingan pembuatan proposal dan anggaran . Kegiatan pendampingan berlangsung secara daring melalui webinar dengan melibatkan berbagai narasumber. Sabtu 9 Oktober 2021 berlangsung kegiatan Penandatangangan Komitmen Pengembangan Kampus Sehat secara luring maupun daring bertempat di University Club Convention Hall , Bulaksumur , UGM dihadiri antara lain Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI Drg. Kartini Rustandi, M Kes, Rektor UGM . Hadir pada kesempatan tersebut mewakili Unriyo , Wakil Rektor II Dr. Setiyanto , DEA dan wakil Tim HPU Unriyo Dr. drg. Theresia Puspitawati, M Kes.

Penanggung Jawab pelaksanaan HPU di UNRIYO adalah Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unriyo dengan Tim HPU Unriyo  yang diketuai  Dr. Ariyanto Nugroho, SKM, M Sc melibatkan 10 dosen dari berbagai program studi di Fakultas Ilmu Kesehatan UNRIYO. Untuk penerapan HPU di lingkungan Unriyo, program diwadahi tajuk ‘Kampus Sehat Unriyo’ meliputi Inisiasi Pengembangan Kampus Sehat, Peningkatan Literasi Kesehatan, Kampus Bebas Tobacco-Zero Tolerance Tobacco, Posbindu Sehat Respati, Kantin Sehat, Penguatan Lingkungan Sehat-Green Campus, serta  Evaluasi Program Kampus Sehat. Kegiatan HPU Unriyo akan melibatkan semua sivitas kampus dosen, staf dan karyawan dan juga mahasiswa sebagai bagian pelaksanaan kampus merdeka belajar. 


Berita Terkait

Pelantikan Komisariat PPNI

Keluarga Dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat

Workshop Item Development dan Item Review

WISUDA DIPLOMA DAN SARJANA UNRIYO PERIODE 1 TAHUN 2019

Universitas Respati Yogyakarta bekerjasama dengan PT. Phintraco Securities

Kirim Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.
C8b1Sw


Halaman Lain